Senin, 21 Oktober 2013

Langkah-langkah Belajar Fotografi Bagi Pemula



Belajar fotografi dewasa ini sudah menjelma sebagai sebuah ilmu yang banyak digandrungi oleh berbagai kalangan, utamanya para anak muda. Sebenarnya, mempelajari digital fotografi merupakan sesuatu yang kompleks, dari saking kompleknya, sampai-sampai banyak orang yang merasa kebingungan untuk melakukannya. Kebanyakan dari para fotografer pemula bingung akan mulai belajar dari mana. Dan berikut ini adalah beberapa langkah praktis nan mudah belajar fotografi.
Langkah pertama adalah keyakinan kita untuk menentukan kamera yang akan digunakan. Berdasarkan ukuran sensornya, kamera terbagi menjadi dua macam, diantaranya kamera saku dan kamera DSLR. Karena anda masih akan belajar, kamera saku saja sudah cukup memfasilitasi dan jangan pernah takut proses pembelajaran anda akan terganggu karena kamera yang anda gunakan adalah kamera murah. Kendati harganya tidak begitu mahal, namun kamera saku memiliki beberapa kelebihan khusus untuk belajar fotografi.

Langkah berikutnya yakni mempelajari eksposur cahaya yang merupakan inti dari fotografi itu sendiri.anda harus tahu tentang total cahaya yang masuk ke dalam sensor peka cahaya hingga hasil jepretan anda nantinya memuaskan. Peran seorang fotografer ialah dapat mengendalikan jumlah masuknya cahaya lewat seberapa besar pembukaan lensa, ISO, serta kecepatan rana. Ketiga elemen tersebut biasa disebut segitiga emas fotografi yang menjadi ilmu pengetahuan wajib bagi setiap orang yang ingin belajar fotografi.
Selanjutnya, langkah yang harus kita tempuh yakni menguasai kamera yang kita pegang. Sangat penting bagi anda mempelajari terlebih dahulu mode-mode dan fitur lain yang ada pada kamera sebelum belajar fotografi untuk membuat anda lebih lihai mengoperasikannya. Selain itu, kita disarankan untuk banyak membaca dan banyak bertanya tentang bagaimana mengatur kedalaman fokus, bagaimana cara mengambil gambar dengan tajam sehingga terlihat tidak kabur, dan kita juga dituntut untuk mengetahui komposisi foto yang baik dan angle untuk mengambil foto agar karakter serta intensitas cahaya yang didapatkan seimbang.
Satu lagi ilmu tambahan bagi semua orang yang akan belajar fotografi bahwa seorang fotografer sejati tidak asal mengambil gambar atau menjepret objek saja, namun mereka selalu berupaya untuk menyampaikan sebuah pesan dari foto yang mereka hasilkan. Maka dari itu, selain bagus dan menarik, sebuah foto juga harus memiliki makna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar